Anda yang ingin beli mobil baru pasti bakal tergiur bila mendapat diskon besar dari dealer. Nah, diskon ini biasanya akan diberikan dalam beberapa waktu tertentu. Potongannya pun cukup besar, kadang sampai Rp 30 juta atau juga mendapat tambahan gratis aksesoris yang lengkap.Buat yang ingin mencari mobil, berikut merupakan daftar waktu yang pas buat kamu membeli mobil baru.

Akhir Tahun dan Awal Tahun

Salah satu waktu yang tepat sekali untuk membeli mobil adalah pada akhir tahun. Biasanya para penjual mobil atau dealer harus menghabiskan sisa produk yang belum terjual di tahun tersebut. Apabila stok masih sisa di tahun berikutnya, dealer terpaksa harus menjualnya di bawah harga baru yang ada karena bagi konsumen dianggap ‘kadaluarsa’.

Pada waktu tersebut banyak yang menawarkan harga mobil yang cenderung lebih murah atau memberi banyak pilihan potongan harga hingga cashback. Saat inilah yang harus kamu manfaatkan untuk membeli mobil. Perbedaan harga yang diberikan bisa menjadi sangat jauh lho.

Selanjutnya di awal tahun juga menjadi waktu yang tepat beli mobil baru. Ini ditujukan kepada Anda yang tidak masalah soal tahun produksi. Misalnya saja sudah masuk 2019, maka mobil produksi 2018 bakal diskon besar untuk menghabiskan stok.

Awal tahun pun menjadi momentum yang tepat untuk kamu membeli mobil baru. Seperti yang kamu ketahui, banyak produsen mobil memanfaatkan awal tahun untuk mengeluarkan dan memperkenalkan produk terbaru mereka. Bagi kamu yang mengincar diskon besar maka siap-siaplah di dua periode ini berburu mobil impian.

Setelah Lebaran

Ya, waktu pembelian ini jelas anomali dari umumnya orang beli mobil. Momentum sebelum Lebaran paling sering dimanfaatkan orang untuk beli mobil yang dipakai untuk mudik dan pamer ke sanak saudara.

Sebaliknya, penjualan mobil baru beberapa pekan setelah Lebaran biasanya sepi. Kemudian, penjualan mobil bekas semakin banyak karena banyak orang yang kemudian menjualnya untuk kebutuhan lain.

Untungnya adalah karena hal tersebut, harga mobil bekas banyak yang turun. Disinilah kamu harus memanfaatkan waktu untuk membeli mobil. Bahkan kamu bisa menemukan promo-promo yang menguntungkan.

Membeli mobil setelah lebaran merupakan langkah yang bijak. Karena biasanya banyak jenis mobil yang sebelumnya tidak memiliki ketersediaan unit jika dibeli sebelum lebaran.

Setelah Uang Muka Terkumpul 50%

Nah, ini bisa jadi cara jitu bagi kamu yang ingin beli mobil secara kredit. Dengan modal uang sekitar Rp 50% dari harga, kamu jelas tidak keberatan dengan sisa cicilannya. Selain itu, jumlah tadi jelas lebih besar dari syarat uang muka yang diajukan oleh OJK beberapa waktu lalu yaitu 30% dari harga kendaraan.

Ketika kamu telah mengumpulkan uang muka di angka 50%, maka pelunasan mobil yang kamu beli tidak akan memberatkan bila dibandingkan dengan pembelian dengan uang muka 30%. Cicilan yang harus kamu bayarkan tiap bulan pun tidak akan menjadi beban untuk biaya hidup sehari-hari.

Cara ini memang terkesan berat karena harus memberikan uang dalam jumlah besar. Namun, Melunasi pembelian lebih cepat akan memberi tabungan anda waktu untuk “bernafas” lebih lega.

Semoga cukup memberikan pemahaman ya. Kalau kamu punya informasi lain terkait waktu yang tepat untuk membeli mobil baru, jangan sungkan-sungkan untuk menambahkan di kolom comment ya. Semoga kamu tidak bingung lagi kapan mau membeli mobil.