Ternyata Bensin Mobil Kamu Bisa Basi loh!

Tahu gak sih kalian kalau ternyata bukan makanan saja yang bisa basi loh, bensin pada mobil pun bisa basi. Hal ini bisa terjadi karena kualitas bahan bakar yang menurun, ketika mobil jarang digunakan atau jarang dipanaskan dalam waktu satu bulan atau bahkan lebih.

Basi disini maksudnya adalah penurunan kualitas RON (Research Octane Number), penambahan sedimen, dan destilasi. Dalam jangka waktu sebulan jika mobil tidak digunakan maka bensin akan berubah menjadi usang. Selain itu faktor lingkungan seperti panas, oksigen dan kelembapan udara ternyata juga dapat mempengaruhi kondisi bensin, unsur kimia yang terdapat bensin yang tersimpan lama memiliki potensi berubah hingga terkontaminasi dengan logam lainnya.
Namun perlu hati-hati, bensin basi tetap bisa terhisap (fuel pump), tapi tidak terbakar dan dapat berdampak buruk bagi mesin mobil kamu, tentunya hal ini bisa merogoh kocek lebih besar untuk penanganan kasus ini.

Salah satu inspektor dari Carsome Indonesia, memberikan saran agar saat memarkirkan mobil dalam jangka waktu lama itu tidak harus di luar ruangan yang secara langsung terpapar sinar matahari, jika memang diperlukan, kamu juga bisa menggunakan sarung atau cover buat mobil kamu loh.