Pilih Mobil Matic atau Mobil Manual? Baca ini dulu!

Bagi sebagian pencari mobil, adanya pilihan mobil matic atau mobil manual bisa dikatakan pilihan yang cukup sulit. Apalagi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi Anda harus cerdas untuk memilih mobil mana yang akan digunakan.

Mobil manual memang sejatinya banyak dilirik masyarakat, tapi kini banyak pula yang beralih ke mobil matic. Nah, buat Anda yang masih awam dengan kedua jenis mobil ini, simak penjelasan berikut:

Kelebihan dan Kekurangan mobil matic:

Mobil matic (M/T) memiliki tingkat kepraktisan yang jauh di atas mobil manual. Mobil ini pun cocok untuk penduduk di kota-kota besar yang sering terkena macet. Mobil matic juga banyak dicari kaum wanita, kenapa?

Alasannya karena sistim kerjanya cukup melakukan gas-rem-gas-rem saja, jadi tidak melelahkan jika digunakan dalam waktu yang lama, juga jarak tempuh yang cukup jauh. Apalagi jika jalannya rata, maka mobil matic lebih nyaman dikendarai.

Di samping kelebihan, terdapat pula kekurangan dari si matic ini. Dia punya kekurangan dari sisi bahan bakar. Ia lebih boros karena menggunakan putaran mesin yang lebih besar dibanding manual. Selain itu, butuh dana tambahan untuk melakukan perawatan berkala mobil matic, juga untuk konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan.

Kelebihan dan kekurangan mobil manual:

Mobil yang cukup akrab di kalangan  masyarakat, Anda pernah mencoba mengendarainya? Mobil manual memiliki kelebihan dari sisi penyesuaian akselerasi/kecepatan yang diinginkan pengemudi. Walaupun cukup sulit karena harus mengoperasikan persneling, gas dan kopling, tapi tak masalah jika pengguna mendapatkan kenyamanan berkendara yang diinginkan. Lalu, biaya servis dan bahan bakar mobil manual tergolong lebih rendah dibandingkan dengan matic.

Sayangnya mobil manual lebih susah dikontrol di jalanan macet, karena pengemudi harus membagi perhatian secara cepat dari gas, kopling dan persneling.