Usia Mobil Diatas 10 Tahun Dilarang Beroperasi? Setuju atau Tidak nih?

kalian pastinya udah tau berita tentang penerapan nomor polisi ganjil genap di Jakarta kan? Usaha ini bertujuan untuk memangkas jumlah kendaraan sehingga kemacetan juga  diharapkan berkurang.  Setelah beberapa bulan diterapkan, peraturan ganjil genap terbilang cukup efektif, karena itulah Gubernur Jakarta ingin memperluas kawasan ganjil genap di beberapa wilayah. Selain itu, kebijakan baru pun juga dikeluarkan yang berisi mengenai usia kendaraan tidak boleh lebih dari 10 tahun. Tentunya banyak pro dan kontra dari masyarakat mengenai kebijakan ini. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek memberikan saran untuk mempertimbangkan lebih lanjut karena dinilai berbenturan dengan regulasi lain.

Sebenarnya kualitas kendaraan tidak bisa hanya dinilai dari usianya saja, tetapi dari performa mesin kendaraan itu sendiri. Banyak kendaraan yang usianya lebih dari 10 tahun dan masih layak untuk digunakan karena sering dirawat dan diservis. Hal ini tentunya yang harus dipikirkan lebih lanjut oleh Gubernur Jakarta. Tidak sampai disitu saja, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio meminta Anies untuk memberikan intensif bagi masyarakat yang usia kendaraannya sudah lebih dari 10 tahun. Nah siapa nih yang setuju dengan peraturan baru ini? Apakah menurut kamu intensif perlu diberikan?

Semua peraturan ini dirancang dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara dan kemacetan. Jika jumlah mobil berkurang, asap yang dihasilkan dari emisi kendaraan juga berkurang. Kendaraan yang berusia lanjut cenderung memiliki emisi gas buang yang lebih kotor. Oleh karena itu, jika tujuannya untuk mengurangi polusi, apakah pemberian intensif masih pantas diberlakukan? Tidak menutup kemungkinan mereka menjual mobil lamanya lalu membeli mobil baru

Ini Solusi Anti Boring-Boring Club Selama Perjalanan Panjang

Suka perjalanan panjang dan ga tau mau ngapain? Pasti lama-lama bosan kan? Nonton Youtube udah. Main game jenuh. Tidur, ya gitu-gitu lagi. Mau beraktifitas di mobil susah. Serba salaaaaaaaah kan?

Eh tapi… sekarang di mobil bisa sih sebenarnya melakukan banyak hal, contohnya seperti main boardgame. Mulailah perjalanan kalian dengan membawa boardgame. Kalau perjalanan kalian rame-rame, cucok banget cobain! Aktifitas ini pun terkenal buat para remaja maupun orangtua. Mulai dari Monopoly sampe mainan kartu, mereka juga tau (e.g. Cangkul, Capsa). Dan kalo ada yang suka kompetisi, ini wajib dicoba banget loh!

Selain itu, coba in deh karaoke bersama! Pilih lagu kesukaan kalian dan tentunya  bakal bikin kalian happy dan gak mati gaya selama perjalanan. Tapi jangan lupa minum ya, biar gak dehidrasi.

Buat kalian yang suka seni, kalian juga bisa bikin dokumentasi liburan kamu. Mau itu dalam bentuk video-editing, atau sekedar instastory. Misalnya, kalian bisa selfie di setiap spot yang instagramable atau beli souvenir untuk kenang-kenangan.

Sekarang, gak ada lagi deh tuh cerita boring sepanjang perjalanan macet. Karena banyak hal yang bisa dilakukan.

Ketahui Mobil Impian Kalian Apa Nih?

Sering kan liat mobil bagus yang bikin kalian iri (apalagi mobil temen kalian). Pasti pernah mimpih dan mengeluh ‘kapan ya gue bisa punya mobil kayak lu’. Dan pastinya kalian sering berkompetisi kan siapa yang bisa dapet mobil itu duluan?

Tenang aja, di Kami, kalian punya banyak opsi untuk mobil impian kalian.

Pasti mau yang cantikkk, kan? Tenang aja, kita ada. Mau yang canggih? Nah, apalagi itu. Atau… kalian galau  cari tipe mobil yang bikin mata-mata mencolok ke kalian? Kita ada solusinya nih

1. Exterior

Tentu saja, silhouette sebagus itu ga bisa di lewatkan deh! Belum lagi, warna-nya yang kinclong dan muka mobil yang mewah. Past mobil kamu bisa menggoyangkan dunia.

2. Interior

Apalagi ini, dari luar aja uda bagus, belom liat dalemnya. Pake material yang high quality, sound system yang super bagus (dengan koneksi Bluetooth biar bisa main musik kesyangan anda, penting juga tuh) dan.. touch screen navigator pula. Design yang bikin ga mau keluar dari mobil deh!

3. Keamanan

Yang terakhir dan paling penting, mobil bagus tapi ga aman, ngapain kan? Carilah mobil yang punya automatic sensor untuk menjaga jarak aman dan tentunya pengereman otomatis. Kalo ketabrak kan ga lucu ya, dan tentunya aman dari pencuri ya.

Mau Cepat Dingin, Tapi Caranya Udah Bener Belum Ya ?

Ditengah kota yang suhunya panas, pasti pingin cepet-cepet masuk mobil dan langsung nyalain AC. Ya kan ? Eh, tapi tunggu dulu, udah yakin nyalain AC mobil dengan benar? Padahal tujuannya mendinginkan kabin mobil, karna salah caranya malah jadi membuat suhu didalam malah makin panas.

Tenang, Kami akan memberikan kamu beberapa tips menghindari kesalahan nyalain AC. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menyetel ke suhu paling dingin saat menyalakan AC. Padahal cara itu justru membuat udara panas tersirkulasi dalam mobil. Baiknya, buka kaca terlebih dulu, tunggu beberapa saat sampai semua sistem terhubung, baru deh nyalakan AC hingga ke suhu pengaturan paling tinggi.

Penting juga nih, AC jangan langsung diarahkan ke pengendara yah! Sering banget, setelah menyetel AC kisi-kisinya langsung di arahkan ke pengendara agar cepat dingin, padahal cara tersebut membuat suhu dalam kabin tambah panas. Lebih baik, arahkan kisi-kisi AC ke bagian atap agar udara dingin merata tersebar ke seluruh kabin.

Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Mobil Kamu Jadi Meledak!

Setiap pemilik kendaraan pasti akan mengisi bahan bakar di SPBU terdekat secara rutin. Nah kalo kamu biasanya isi bahan bakar berapa kali nih dalam 1 minggu? Apalagi lagi jika kalo jalan-jalan ke luar kota berlibur bersama keluarga ya! Nah ini  salah satu penyebab antrean panjang yang sering kita lihat jika melewati SPBU. Bahan bakar kendaraan memiliki peluang besar untuk untuk menyebabkan kebakaran hebat, tidak heran sering muncul di pemberitaan adanya kebakaran yang terjadi di SPBU. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat mengisi bahan bakar di SPBU, check it out:

  1. Memainkan gadget ketika mengisi bahan bakar

Zaman perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat mobilitas setiap orang berkaitan dengan gadget. Bahkan saat mengemudikan kendaraanpun banyak pengendara yang menggunakan gadget entah untuk melihat maps atau membalas chat orang lain. Ini tentunya sangat berbahaya, terlebih lagi jika memainkan gadget di SPBU saat mengisi bahan bakar. Oleh karena itu, simpan gadget kalian saat sedang mengisi bahan bakar di SPBU ya!

  1. Merokok ketika di SPBU

Nah siapa yang pernah merokok di SPBU? Pastinya kalau sudah suka merokok jadi suka lupa tempat ya! Terkadang banyak di antara kita yang lupa mematikan rokok padahal sudah jelas-jelas berada di SPBU. Jika batang rokok yang dibuang menyentuh bahan bakar kendaraan maka dapat menimbulkan percikan api. Tentunya kalian tidak mau kan hanya gara-gara rokok nyawa kalian hilang.

  1. Menyalakan kendaraan saat mengisi bahan bakar

Masih banyak pengendara yang mengisi bahan bakar dengan keadaan mesin masih menyala. Ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan kendaraan karena aliran listriknya masih sangat aktif melewati kabel busi. Hal ini menyebabkan performa kendaraan kalian jadi berkurang loh!

Kendaraan Kamu menjadi Abnormal Setelah Dicuci? Jangan Panik!

Nah kamu udah pasti tau kan mobilitas setiap orang yang gak pernah berhenti membutuhkan adanya fasilitas penunjang, salah satunya adalah kendaraan. Kendaraan yang sering digunakan membuat debu dan lumpur menempel. Debu yang ada bisa membuat kendaraan jadi tidak enak dipandang. Oleh karena itu, setiap orang akan membawa kendaraannya ke car wash atau salon mobil untuk dibersihkan.

Namun, tidak jarang kendaraan yang sudah dicuci sendiri ataupun di tempat pencucian mengalami beberapa problem atau masalah. Kendala yang dihadapi antara lain kendaraan yang susah hidup dan mesin menjadi pincang. Banyak orang yang cepat panik setelah menemui kondisi kendaraannya bermasalah. Namun, kamu bisa menangani permasalahan tanpa perlu membawa mobil ke bengkel ataupun dealer resmi loh! Nah ini ada beberapa tips  untuk menjaga mesin kendaraan kamu setelah dicuci, boleh disimak yaaa!

  1. Cek mesin yang basah terkena air

Air yang masuk ke dalam mesin kendaraan bisa menyebabkan korsleting pada mesin mobil dan performa mobil menjadi abnormal.

  1. Cek soket atau konektor

Saat dicuci, pastinya mobil kamu akan sekaligus dibersihkan nih! Hal ini menyebabkan sirkuit terbuka dan arus listrik untuk menghubungkan masing -masing komponen tidak berfungsi secara optimal.

3.Cek Coil

Pada zaman sekarang ini, coil yang terpasang di mobil anda biasanya terpasang satu persatu pada busi.Jika di sekitaran atas letak busi atau  coil anda terlihat basah karena terkena air, yang dilakukan adalah mengeringkan coil tersebut dengan cara menyemprotkan udara pada coil yang basah karena terkena air tersebut.

  1. Cek MAF Sensor

MAF ini posisinya terletak diantara saluran udara.Jika komponen ini terkena air maka pembacaan data yang dikirimkan ke ECM/ECU akan ngawur dan menyebaban mobil anda susah hidup.

Tips-tips di atas bisa kalian lakukan loh kalau misalnya ada yang aneh dengan kendaraan kalian setelah dicuci. Kalau misalnya semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan dan kendaraan masih dalam keadaan abnormal, maka kalian harus segera ganti kendaraan nih temen-temen!

Cara terjitu nan ampuh bersihkan jamur pada kaca mobil!

Setiap pemilik mobil pasti ingin mobilnya dalam kondisi yang prima. Apalagi, ketika musim hujan datang, tentu saja akan memberikan pekerjaan ekstra bagi mereka, yang biasanya memiliki mobilitas tinggi, dikarenakan hal tersebut dapat menimbulkan masalah yang sering terjadi pada kaca mobil yaitu bertumbuhnya jamur yang diakibatkan karena keadaan kaca yang lembab dan kotor.

Jamur pada kaca mobil di sebabkan karena sisa air hujan atau kotoran yang mengering atau kebiasaan buruk si pemilik karena tidak terbiasa membilas bersih sisa sabun cuci mobil, tidak mengelap kendaraan hingga benar-benar kering setelah mencuci mobil atau parkir di sembarang tempat dapat membuat kaca mobil ditumbuhi jamur.

Menurut Inspektor Indonesia, Agus Salim, setelah mobil diguyur hujan lebih baik dicuci, dan setelah mencuci mobil, sebaiknya dilap benar-benar kering. Melakukan coating  pada kaca mobil juga bisa menjadikan solusi yang tepat untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil.

Coating kaca mobil bertujuan untuk melindungi dari kotoran yang menempel dan mencegah tumbuhnya jamur kaca yang akan menggangu pandangan saat berkendara. Oleh karena itu, jangan sampai kehadiran jamur malah mengusik kenyamanan kamu dalam berkendara.

Cegah mobil putih kamu dari kotoran noda !

Buat kamu yang elegan, pasti mobil kamu juga harus harus terlihat elegan. Salah warna yang terlihat elegan adalah putih. Namun untuk mobil berwarna putih ini tentu saja perlu perawatan ekstra, dikarenakan warna putih rentan kusam dan kotor.

Debu, sisa air hujan, kotoran yang mengering atau kebiasaan buruk pemilik karena tidak terbiasa membilas sabun cuci mobil, tidak mengeringkan kendaraan hingga benar-benar kering setelah mencuci mobil, atau mobil yang kerap di taruh di luar ruangan, lambat laun akan berubah menjadi noda yang akan mengubah warna putih menjadi kekuningan.

Menurut Inspektor Carsome Indonesia, Pemilik mobil harus lebih rajin membersihkan noda atau kotoran pada mobil. Melakukan coating pada bodi mobil juga menjadi solusi yang tepat. Usahakan juga untuk bisa memarkirkan mobil di tempat yang teduh agar mengurangi warna mobil putih menjadi menguning.

Nah, jangan sampai warna mobil kamu merubah sisi elegant kamu. Sehingga, harga jual nya jadi turun drastis. Terus rawat mobil kamu ya, agar semakin tinggi harga jualnya.

Ternyata Bensin Mobil Kamu Bisa Basi loh!

Tahu gak sih kalian kalau ternyata bukan makanan saja yang bisa basi loh, bensin pada mobil pun bisa basi. Hal ini bisa terjadi karena kualitas bahan bakar yang menurun, ketika mobil jarang digunakan atau jarang dipanaskan dalam waktu satu bulan atau bahkan lebih.

Basi disini maksudnya adalah penurunan kualitas RON (Research Octane Number), penambahan sedimen, dan destilasi. Dalam jangka waktu sebulan jika mobil tidak digunakan maka bensin akan berubah menjadi usang. Selain itu faktor lingkungan seperti panas, oksigen dan kelembapan udara ternyata juga dapat mempengaruhi kondisi bensin, unsur kimia yang terdapat bensin yang tersimpan lama memiliki potensi berubah hingga terkontaminasi dengan logam lainnya.
Namun perlu hati-hati, bensin basi tetap bisa terhisap (fuel pump), tapi tidak terbakar dan dapat berdampak buruk bagi mesin mobil kamu, tentunya hal ini bisa merogoh kocek lebih besar untuk penanganan kasus ini.

Salah satu inspektor dari Carsome Indonesia, memberikan saran agar saat memarkirkan mobil dalam jangka waktu lama itu tidak harus di luar ruangan yang secara langsung terpapar sinar matahari, jika memang diperlukan, kamu juga bisa menggunakan sarung atau cover buat mobil kamu loh.

Seberapa greget kamera tilang elektronik untuk kamu ?

Tiba-tiba merasa seperti ada cahaya ilahi menghampiri kamu di siang bolong saat berkendara sambil menahan lapar? Cahaya ilahi yang sering muncul jika melewati sepanjang jalan Thamrin ? Jangan kaget, cahaya tersebut ternyata berasal dari kamera tilang elektronik.Pasti penasaran kan seheboh apa ?

Mulai 1 Juli 2019, kamera tilang elektronik mulai mengintai para pengendara yang nakal loh. Seperti pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel, pelanggaran pelat ganjil/genap, dan berkendara melebihi batas kecepatan. Nah, Kamera ini bertugas dari merekam hingga mengindentifikasi pelanggaran-pelanggaran pada pengendara. Kamera ini memiliki kemampuan untuk menganalisis dan hebatnya lagi, bisa mengidentifikasi jenis kendaraan hingga pelat nomor kendaraan

 

Jangan heran, Kamera analitik pintar ini memiliki jaringan fiber optik berkecepatan tinggi berupa virtual private network dilengkapi dengan bandwith 80 MBPS pada setiap titik kamera analitik. Wow, masih mau melanggar lalu lintas ?