Mobil Diesel Vs Mobil Bensin

Saat membahas mesin kendaraan, selalu ada dua pilihan yang muncul. Pertama adalah mobil dengan mesin diesel dan yang kedua mobil dengan mesin bensin. Dua jenis mesin ini punya keunggulan masing-masing yang kadang membuat bingung calon pemilik mobil pemula.

Kebingungan muncul karena tidak memahami perbedaan dasar dan keuntungan masing-masing mesin. Belum lagi populasi mobil yang ditemui kebanyakan menggunakan mesin bensin daripada mesin diesel. Ini memunculkan anggapan bila mesin bensin jauh lebih unggul ketimbang mesin diesel.

Mesin diesel di Indonesia umumnya digunakan pada bus, truk, juga untuk keperluan industri daripada penggunaan kendaraan sehari-hari. Padahal di negara-negara maju seperti Eropa dan juga Amerika Serikat, mereka lebih banyak menggunakan mesin diesel untuk kendaraan pribadi mereka dan tentu saja untuk keperluan industri.

Bahan Bakar Solar vs Bensin

Perbedaan mendasar pada jenis mobil ini adalah bahan bakar.

Mesin diesel menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, sedangkan mobil bensin tentu saja menggunakan bensin. Solar sejatinya lebih aman daripada bensin.

Tidak seperti bensin, solar biasanya lebih tahan terhadap panas yang tinggi. Api pun tidak akan langsung menyambar solar selayaknya api menyambar bensin.

Dari sisi keamanan, solar tidak menghasilkan uap sebanyak bensin. Sehingga mengurangi kemungkinan terbakar akibat panas yang tinggi. Risiko adanya percikan api dari uap bahan bakar di mobil diesel yang bekerja itu lebih sedikit.

Mesin Diesel Lebih Tangguh?

Mesin diesel merupakan mesin mobil yang diciptakan terlebih dahulu sebelum mesin bensin. Karakter mesin peminum solar ini dapat menghasilkan torsi tinggi pada rpm rendah, sehingga cocok sekali digunakan pada daerah dengan trek yang jauh dari kata mulus. Ini membuat mesin diesel jadi andalan mobil yang bisa off road.

Kelebihan lain pada mesin diesel juga dapat di lihat saat terjadi banjir. Mesin diesel yang tidak memiliki komponen pengapian listrik seperti busi. Saat bagian mesin terkena air, risiko adanya arus pendek hampir nihil, tidak seperti yang kerap terjadi pada mobil bensin.

Perawatan Mesin

Mesin diesel keluaran terbaru teknologinya sudah lebih kompleks, dan membutuhkan perawatan ekstra. Salah pemakaian dan kurang perawatan terkadang membuat kita harus merogoh kantong dalam-dalam. Berbeda dengan mesin bensin, perawatan rutinnya sangatlah mudah dan tidak serumit perawatan mesin diesel ketika mengalami kerusakan.

Perbandingan Efisiensi Mesin

Soal efisiensi, mesin diesel cenderung jauh lebih efisien daripada mesin bensin. Jika dibandingkan pada penggunaan bahan bakar yang sama, mesin diesel memakai bahan bakar 40% lebih sedikit daripada mesin bensin.

Hal ini juga berhubungan dengan kompresi tinggi yang dihasilkan oleh mesin diesel untuk menghasilkan tenaga. Kompresi tinggi membuat mesin diesel pun akan menghasilkan panas yang lebih sedikit, sehingga penggunaan mesin diesel lebih efisien.

Masih berhubungan soal efisiensi, pemerintah sudah sejak lama merilis bahan bakar biodiesel. Bahan bakar ini merupakan campuran antara minyak bumi dan ethanol hasil dari minyak nabati. Kelemahan Bio-diesel memiliki sifat lebih panas daripada bensin dan juga solar yang tradisional, sehingga dapat menyebabkan mesin lebih panas.

Tetapi penggunaan bio-diesel pada mesin diesel ternyata lebih baik daripada penggunaan bahan bakar sintetis pada mesin bensin. Alasannya, mesin bensin harus dimodifikasi terlebih dahulu agar dapat menggunakan bahan bakar jenis ini.

Soal bahan bakar nabati, para ilmuwan sudah menemukan bahan yang dapat menjaga mesin bensin tidak rusak ketika menggunakan bahan bakar sintetis bernama biobutanol. Tidak seperti diesel yang bisa langsung pakai bahan bakar nabati, mesin bensin harus dimodifikasi terlebih dahulu agar dapat menggunakan bahan bakar jenis ini.

Kesimpulan Mesin Diesel Vs Mesin Bensin

Untuk yang masih merasa bingung menyimpulkan perbedaan yang signifikan antara mesin diesel dan mesin bensin. Mesin diesel pada umumnya lebih hemat daripada mesin bensin. ntuk masalah efisiensi, mesin diesel jauh lebih cocok untuk kamu.

Keunggulan lainnya yaitu mesin diesel lebih mudah adaptasi untuk bahan bakar nabati. Selain itu, jenis bahan bakar diesel lebih tahan terhadap panas yang tinggi.

Untuk yang masih merasa bingung, menyimpulkan perbedaan yang signifikan antara mesin diesel dan mesin bensin untuk jadi pertimbangan kamu sebelum beli mobil:

  1. Mesin diesel lebih hemat daripada mesin bensin
  2. Penggunaan bahan bakar solar pada mesin diesel jauh lebih aman daripada bensin.
  3. Jika memilih beralih ke bahan bakar sintetis, mesin diesel adalah pilihan mobil terbaik
  4. Memang mesin diesel jauh lebih tahan daripada mesin bensin, hanya saja mesin diesel jauh lebih lambat dan berat jika dibandingkan dengan mesin bensin yang dapat memacu kecepatannya dengan baik.
  5. Mesin diesel membutuhkan perawatan yang lebih rutin daripada mesin bensin. Perawatan pada mesin diesel juga biasanya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan perawatan pada mesin bensin.
  6. Untuk masalah efisiensi, mesin diesel jauh lebih cocok untuk kamu daripada mesin bensin.
  7. Karena perawatan mesin diesel lebih rumit daripada mesin bensin, usahakan selalu membawa mobil dengan mesin diesel ke bengkel resmi yang terpercaya.

Sekarang jangan bingung lagi mau beli mobil jenis yang mana. Kalau kamu sudah tahu perbedaan dasar antara mesin bensin dan mesin diesel waktunya untuk membuat keputusan ingin beli mobil yang mana.