Persoalan membeli mobil sudah menjadi hal yang sangat mudah di era teknologi ini. Dengan adanya kemudahan teknologi maka akses yang didapat oleh para calon pembeli pun semakin gampang.Hanya dengan sentuhan jari pada smartphone kamu sebagai calon pembeli, spesifikasi hingga harga mobil pun sudah tersedia.

Membeli mobil pun dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti membeli mobil melalui perseorangan, melalui dealer bahkan melalui sistem online. Walaupun nyatanya sistem online yang menawarkan penjualan ini juga tetap melingkupi perseorangan dan juga dealer.

Sebagai calon pembeli harus memahami bahwa ada perbedaan dasar jika membeli mobil dari perseorangan dan juga dari dealer. Berikut perbedaan keduanya:

1. Garansi Mobil

Pembelian mobil pada perseorangan pada umumnya tidak menawarkan garansi kecuali mobil tersebut memang masih baru.

Berbeda dengan pembelian mobil melalui dealer. Proses yang dilalui memang lebih administratif daripada membeli mobil dari perseorangan.

Dealer biasanya memiliki garansi pada mobil yang mereka jual, sehingga terkadang lebih menguntungkan.

2. Resiko Pembelian

Membeli mobil melalui dealer memang membutuhkan administrasi yang lebih lengkap dari pembelian mobil melalui perseorangan.

Membeli mobil melalui perseorangan terkadang memiliki resiko pembelian lebih besar.

Semua orang selalu ingin menghindari penipuan saat membeli mobil melalui perseorangan. Tetapi yang menjadi sisi positif membeli dari perseorangan adalah ketika kamu sudah mengenal penjual maka proses jual beli akan lebih mudah dilakukan karena sudah terbentuknya rasa percaya.

Dealer menjanjikan pembelian yang dapat dilakukan secara aman, baik dalam pembayaran maupun administratif yang harus dilalui sehingga mengurangi resiko pembelian. Tetapi bukan berarti kalian harus tidak teliti saat melakukan pembelian melalui dealer ya.

3. Penawaran Harga

Harga yang ditawarkan oleh penjual perseorangan biasanya memang terkesan mahal, tetapi masih bisa kok menemukan penjual mobil perseorangan yang menwarkan harga yang sesuai dengan pasaran.

Bagian asiknya adalah kamu bisa melakukan penawaran langsung terhadap penjual sesuai dengan yang kamu inginkan. Walaupun harga yang diberikan tidak akan turun begitu jauh, tetapi setidaknya kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik.

Perbedaannya dengan pembelian melalui dealer adalah dealer menawarkan harga yang terkadang lebih tinggi daripada yang ditawarkan oleh penjual perseorangan. Penawaran harga terkadang agak susah untuk dilakukan karena delaer cenderung menggunakan harga pasti.

4. Kondisi Mobil

Membeli mobil membutuhkan ketelitian. Terutama ketika membeli mobil bekas. Jika kamu adalah calon pembeli maka selalu lakukan pengecekan, terutama jika membeli dari dealer.

Agar tidak tertipu lakukan pemeriksaan terhadap latar belakang pemakaian mobil, siapa yang menggunakan, apakah pernah mengalami kecelakaan atau terkena banjir.

Bahkan kamu harus juga memeriksa bagian-bagian kecil seperti komponen ICU, suara mesin saat dikendarai dan bagaimana kenyamanan mobil saat test drive.

Kondisi mobil seperti ini adalah bagian utama dari pencarian mobil yang tepat untuk dilakukan saat membeli dari dealer maupun perseorangan.

Mobil yang dijual secara perseorangan biasanya memiliki sejarah yang lebih jelas dibandingkan ketika membeli mobil dari dealer. Kamu bisa langsung menanyakan kepada penjual mengenai bagaiamana sejarah mobil tersebut, apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau kebanjiran.

Usahakan tidak membeli mobil yang bekas kebanijiran karena mobil sekarang ini didominasi oleh penggunaan sistem elektrikal yang jika terkena air dapat mengalami kerusakan yang parah.

Bertatap langsung dengan pembeli memberikan kesempatan untuk kamu bertanya lebih banyak dan mengambil informasi lebih baik. Sedangkan dealer tidak memberikan kamu kesempatan seperti ini.

5. Kelengkapan Dokumen

Jangan pernah melupakan dokumen saat melakukan pembelian mobil baik dari perseorangan dan dealer.

Mengurus dokumen dari perseorangan akan lebih merepotkan jika dibandingkan dengan dealer. Dokumen dari perseorangan akan membutuhkan waktu lebih lama dalam pengurusannya, sedangkan dealer memberikan kemudahan.

Biasanya dealer yang akan mengurus semua persyaratan dokumen yang diperlukan sehingga kamu bisa duduk tenang menunggu hasil dari dealer seperti STNK, BPKB, Surat Jual-Beli dan surat lain yang perlu diurus.

Beberapa hal di atas hanya memperlihatkan perbedaan dasar dari dealer dan pembelian melalui perseorangan.

Semua keputusan diserahkan di tangan kamu, putuskan mana pembelian yang lebih menguntungkan kamu. Membeli tidak harus selalu buru-buru, belilah ketika sudah melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan kepastian mengenai spesifikasi, harga dan keadaan mobi yang ingin kamu beli.

Selalu lakukan test drive saat membeli mobil untuk mengetahui performa dan kenyamanan mobil saat dikendarai. Lakukan perbandingan yang setara apple to apple agar pertimbangan kamu tidak berat sebelah.

Semoga kamu segera menemukan mobil terbaik kamu, apakah melalui perseorangan atau menggunakan jasa dealer. Jangan pernah ragu untuk selalu bertanya dan melakukan background check untuk mobil yang kamu inginkan ya.