Banyak yang mengatakan bahwa mencari mobil yang tepat sama seperti mencari pasangan. Artinya gampang-gampang susah nih. Saat memilih mobil pertama, orang-orang cenderung akan memikirkan sesuatu yang spesial atau sesuatu yang telah diidam-idamkan sejak lama. Tetapi bisa saja pada kenyataannya mobil yang kamu idam-idamkan tersebut ga cocok banget sama keperluan dan kebutuhan sehari-hari. Yah, prinsipnya tetap sama seperti mencari pasangan kok. Kamu demen bukan berarti itu jodoh, lho. Untuk ngebantu kamu yang lagi cari mobil pertama, ada baiknya di simak dulu kiat kilat membeli mobil pertama berikut.

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum memulai membeli mobil, lakukanlah riset mengenai jenis mobil yang kamu inginkan. Melakukan riset ini mencegah kamu dari penipuan juga. Cari tahu jenis mobil yang kamu inginkan dan bandingkan dengan mobil keluaran perusahaan lain di kelas yang sama. Kamu bisa tahu kelebihan dan kekurangan mobil tersebut tanpa harus terjun langsung dahulu. Hasil riset ini menjadi pertimbangan untuk memilih mobil yang tepat untuk kebutuhan kamu. Bahkan mungkin, melalui riset ini kamu malah suka mobil yang tadinya kamu tidak inginkan karena telah membuat perbandingan. Tentu saja perbandingan yang kamu lakukan pun harus apple to apple.

2. Apa Tujuan Utama Membeli Mobil

Membeli mobil pertama harus dipikirkan secara matang-matang. Untuk membantu lebih cepat memilih mobil, coba pikirkan tujuan awal dari pembelian mobil tersebut. Kalau memang tujuannya adalah sebagai transportasi sehari-hari untuk keperluan kuliah dan kerja dengan jarak yang cukup jauh dari rumah, maka sesuaikan pula dengan mobil yang akan di beli. Dengan jarak yang cukup jauh artinya carilah mobil yang memiliki ketahanan yang cukup untuk menempuh jarak yang jauh. Pertimbangkan berapa kekuatan dan kecepatan mobil, berapa tenaga kuda, torsi dan hal-hal lain yang sekiranya penting untuk.

3. Sesuaikan Pengeluaran

Pengeluaran harus menjadi satu faktor penentu membeli sebuah kendaraan. Contohnya, berapa banyak bensin yang harus digunakan dan di beli jika menempuh jarak antara rumah dan tujuan sehari-hari. Dengan jarak demikian, apakah akan ada biaya tambahan yang mungkin akan dikeluarkan. Bagi yang harus menempuh jarak ke luar kota, berarti ada biaya tambahan yang harus diperhitungkan. Untuk itu, carilah mobil yang memiliki teknologi injeksi yang bisa menghemat bensin yang dipakai. Secara otomatis, menghemat bensin berarti menghemat pengeluaran tambahan.

4. Selalu Lakukan Test Drive

Melalui test drive, kamu bisa tahu apakah mobil tersebut nyaman digunakan atau hanya sekedar terlihat nyaman digunakan. Membeli mobil berarti harus merasakan sendiri secara langsung spesifikasi dan kebolehan mobil. Disinilah saatnya memeriksa setiap fitur yang ada di mobil tersebut. Lakukan pemeriksaan AC, jendela, power steering, radio, led, wiper dan semua detail yang memang ada pada mobil tersebut. Jangan sia-siakan kesempatan ini ya. Kalau kamu nyaman saat test drive, ada kemungkinan besar kamu akan membeli mobil tersebut karena terkadang pilihan akan berganti ketika sudah mencoba.

5. Beli dari dealer resmi

Untuk segala pembelian mobil, baik bersifat baru maupun bekas selalu menggunakan jasa dealer resmi yang terdaftar. Dengan membeli dari dealer yang terdaftar secara resmi dapat memudahkan kamu mengurus segala dokumen dan pembayaran dengan lebih baik. Caranya gampang kok, biasanya dealer resmi akan secara langsung menjelaskan mereka terdaftar dimana dan bagaimana proses kerja sama mereka. Hal ini dapat meyakinkan kamu untuk membeli dari dealer tersebut. Ketentuan seperti ini juga berlaku lho untuk pasar mobil bekas.

6. Tentukan Jenis Pembayaran

Saat paling kritis adalah saat melakukan pembayaran. Sekalinya kamu melakukan pembayaran tidak ada kata kembali lagi. Pastikan bahwa proses pembayaran yang kamu lakukan aman. Jenis pembayaran yang dapat kamu lakukan adalah secara kredit dan juga cash. Banyak orang menyarankan melakukan pembelian secara kredit dikarenakan meringankan beban yang harus dikeluarkan saat itu. Melalui sistem kredit, kamu dapat memikirkan pembayaran barang lain bersamaan dengan pembayaran mobil. Pada poin ini selalu pikirkan bagaimana menekan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

7. Pikirkan Mengenai Asuransi

Saat membeli mobil biasanya pihak penjual akan menawarkan asuransi mobil berupa All Risk dan juga TLO. Pikirkan secara matang jenis asuransi apa yang akan di ambil, karena biaya yang akan dikeluarkan pun tidak kecil. Apakah biaya yang akan dikeluarkan sama dengan resiko yang akan terjadi? Apalagi terkadang setelah melakukan pembayaran, kamu bahkan tidak akan mengajukan klaim sedikitpun. Hal-hal seperti ini harus dipikirkan sejak awal, karena mampu membebani pembayaran kamu juga. Keuntungan pendaftaran asuransi ini adalah membantu mencegah kamu mengeluarkan uang lebih besar ketika terjadi kerusakan. Intinya, asuransi bisa menjadi sangat membantu ketika digunakan atau bahkan tidak membantu sama sekali karena tidak adanya klaim yang kamu lakukan, lho. Siap dengan komitmen seperti ini?

Begitu kira-kira tips buat kamu yang sedang ingin beli mobil pertama buat kamu. Kalau kamu masih single, cari aja mobil yang lebih simpel dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Tapi kalau kamu udah berkeluarga, tentunya cari mobil yang memang akan aman di pakai dan digunakan bersama keluarga kamu. Dapat dikatakan bahwa salah satu bagian penting dari membeli mobil adalah tujuan dan penggunaan mobil tersebut. Oh iya, pastikan juga bahwa pembelian kendaraan ini tidak akan membebani keuangan kamu ya, kecuali mobil kamu dibeliin sama orang tua. Jadi, sudah siap memiliih mobil pertama kamu?