Kamu Takut Gak Sih Kalo Beli Mobil Bekas?

Halooo sobat otomotif! Menurut kalian mobil itu penting ga sih buat dimiliki sama orang-orang kebanyakan? Pastinya mobil tuh membantu mobilitas sehari-hari banget ya, mempermudah kita untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Apalagi fasilitas transportasi umum yang kurang memadai sehingga orang lebih memilih kendaraan pribadi. Tapi banyak orang yang tidak bisa membeli mobil karena harganya masih tinggi banget nih di Indonesia. Nah jadinya banyak juga orang yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas.

Kalo denger kata-kata mobil bekas pasti ada rasa was-was gitu ya kalo mau belinya. Soalnya kan udah pernah dipake sama orang, nanti takutnya kenapa-kenapa lagi, bisa gawat jadinya! Tapi jangan khawatir dulu nih, ada juga loh mobil bekas yang tidak kalah sama kualitas mobil baru. Oleh karena itu, yuk simak 4 tips utama ala CARSOME jika kamu pengen membeli mobil bekas yang bagus dan berkualitas.

1. Eksterior Mobil

Nah yang perlu kamu cermati banget nihh, body luar dari mobil bekas yang pengen kamu beli. Mulai dari cat mobil sampai goresan yang terdapat di mobil. Apakah masih mulus atau sudah kasar. Selain itu, kamu bisa cek juga bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Perhatikan pula bagian lampu, apakah menyala dengan baik atau malah cahaya lampu tersebut sudah tidak terang lagi… hmmmmm… yang perlu diperhatikan lagi keadaan bannya yaa

2. Performa Mesin Mobil

Masalah yang sering dihadapi mobil bekas adalah…. Performa mesin yang sudah menurun. Oleh karena itu, hidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Jika kondisi mesin mobil masih bagus, suara yang terdengar halus dan tidak kasar, juga mudah di-starter. Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil.

3. Aksesoris dan Interior

Oke sekarang kita coba buat cekk bagian dalam mobil yaa…. Nah komponen penting seperti dashboard, AC, karpet, dan jok sangat perlu diperhatikan. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya. Bagian kaca juga tak boleh luput dari perhatian dengan mencoba menaik-turunkan kaca mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.

4. Kelengkapan Surat-Surat

Pastinya kalo mau beli mobil bekas perlu dicek ya apakah BPKB dan STNK nya masih lengkap atau tidak, karena kalau tidak lengkap bisa jadi mobil itu hasil curian. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.