Menjual mobil memang gampang-gampang susah. Ada saja keluhan yang mungkin Anda terima ketika memperlihatkan mobil yang ingin di jual. Apalagi ketika anda sudah berusaha memberikan yang terbaik. Jika memang ada bagian yang masih kurang dari perawatan yang telah anda lakukan, coba periksa kembali keluhan apa yang anda dapatkan. Feedback dari orang lain bisa jadi sangat berguna ketika berjualan. Karena berjualan berarti memahami keinginan para pelanggan. Setelah melakukan semua perbaikan dari feedback yang anda telah dapatkan, maka juallah kembali mobil anda. Tapi sebelumnya, ada baiknya jika anda melakukan perawatan pada 6 bagian mobil ini.

1. Body Mobil

Body mobil ibarat tampilan luar. Seperti yang selalu dikatakan oleh orang banyak bahwa ‘first impression does matter’ mobil pun begitu. Sebagai tampilan luar, orang cenderung menilai body mobil sebagai penarik minat mereka. Body mobil yang mulus dan terawat akan membuat si pembeli tertarik untuk melihat bagian dalamnya. Sedangkan body mobil yang kurang terawat dan tampilannya kurang memuaskan bisa menjadi boomerang untuk pemilik mobil. Hal ini menurunkan minat para pembeli untuk melihat bagian dalam mobil anda. Bahkan mereka akan cenderung melewati mobil anda tanpa perlu melirik lagi. Perawatan body mobil bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Dengan rajin membersihkan mobil menggunakan bahan yang dianjurkan, maka akan membuat mobil anda terlihat lebih bersih dan terawat. Jika terdapat lecet pada mobil, usahakan segera memperbaiki bagian yang terluka.

2. Cat Mobil/Warna Mobil

Mobil yang tidak menggunakan cat yang baik dan sering terpapar sinar matahari dapat membuat cat mobil menjadi pudar dan terlihat kurang menarik. Kemudian cat yang mengelupas dapat membuat tampilan mobil anda semakin terlihat kurang ‘enak’ di pandang. Untuk menghindarinya, gunakan cat yang memiliki ketahanan terhadap paparan sinar matahari, hujan dan jenis kerusakan yang dapat diakibatkan oleh alam. Lakukan perawatan rutin untuk peremajaan warna cat mobil anda.

3. Ban Mobil

Masih fokus pada tampak lu dari mobil. Tentu saja ban merupakan salah satu komponen paling penting pada sebuah mobil. Ban juga sering dijadikan ciri utama apakah mobil diberikan perawatan atau tidak. Ban yang menipis adalah indikasinya, jika tipisnya ban memang masih pada batas yang sewajarnya masihlah dianggap wajar. Tetapi jika ban yang sudah sangat menipis dan tidak ada penggantian, memperlihatkan keteledoran si pemilik mobil. Ban seperti ini sangat mampu mencelekai pengendara dan penumpang. Ban yang tipis cenderung akan lebih cepat terluka dan bocor. Kebocoran ini dapat menyabkan ban bagian dalam juga ikut terluka dan sama-sama bocor. Menyebabkan ban meletus secara tiba-tiba dan membuat penumpang dan pengendara mengalami kecelakaan. Hal ini tentunya tidak ingin di lihat oleh calon pembeli mobil anda kan?

4. Mesin Mobil

Mesin mobil menjadi pilihan utama yang harus diperhatikan saat akan menjual mobil. Ketahanan mobil tergantung kepada performa mesin yang dimilikinya. Merawat mesin menjadi keharusan bahkan saat anda tidak ingin menjualnya sekalipun. Mesin yang terawat berarti memiliki kinerja yang baik saat digunakan berkendara sehingga tidak perlu takut mogok dan tiba-tiba rusak saat dikemudikan. Perawatan mesin ini berarti perawatan secara keseluruhan. Melakukan servis, penggantian oli, bahkan penggunaan bahan bakar yang tepat juga termasuk langkah merawat mobil. Untuk hasil yang lebih baik pada mesin, gunakanlah bahan bakar yang mendukung pembakaran secara sempurna. Pemerintah Indonesia sendiri mengeluarkan pertamax-plus sebagai salah satu bahan bakar yang sesuai dengan standar global. Perawatan sederhana lain yang dapat dilakukan adalah memeriksa filter karburasi, radiator dan pemeriksaan AC. Lakukan secara berkala agar mobil anda tetap awet muda dan tampil ‘kece’ saat akan di jual.

5. Interior Mobil

Tampilan interior menjadi salah satu penilaian penting bagi pembeli. Contoh mudah perawatan interior mobil adalah bersihkan dashboard anda dari hal-hal yang tidak perlu dan dari debu tentunya. Gunakan karpet yang nyaman dan mudah dibersihkan. Tentu saja untuk memastikan bagian dalam kendaraan mudah untuk dibersihkan. Salah satu yang paling kecil tapi sangat dibutuhkan adalah pengharum mobil. Gunakan pengharum dengan aroma yang anda sukai. Pengharum ini bisa menghalau bebauan yang masuk dari luar. Ketika perawatan sudah dimulai dari luar, maka selesaikan pula bagian dalamnya. Saat calon pembeli melihat bahwa bagian luar dan dalam sudah terawat, maka dalam hitungan waktu anda sudah bisa menjual mobil anda.

6. Bagasi Mobil

Bagasi mobil kerap kali dipakai untuk menyimpan banyak barang. Mulai dari barang pribadi seperti sepatu dan pakaian olahraga, juga sebagai tempat meletakkan barang ketika baru saja belanja. Bayangkan anda belanja kebutuhan rumah tangga seperti daging dan ikan serta kebutuhan lainnya dari pasar tradisional dan meletakkannya di bagasi mobil. Aroma dan noda yang tertinggal bisa menjadi sumber masalah, lho. Jika bagasi mobil memiliki karpet maka bersihkan segera setelah terkena noda. Bagasi memang sering dijadikan tempat ‘berkumpulnya’ barang-barang di mobil sehingga rawan rusak dan juga bau. Perawatan rutin juga diperlukan lho, untuk bagasi ini. Terutama jika calon pembeli mobil anda adalah orang yang sering bepergian, otomatis bagasi akan menjadi salah satu tempat penting untuk mereka.

Perawatan memang membutuhkan biaya, tetapi perawatan yang telah disebutkan di atas dapat dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel ataupun salon mobil. Perawatan mobil di atas akan membuat mobil kamu terlihat lebih menarik di mata pembeli lho, tidak ada salahnya mulai melakukan perawatan dari sekarang!