Hal yang Perlu Diketahui oleh Pemilik Mobil Baru

Sebagai pemilik mobil baru tentu saja ada banyak sekali fitur yang mungkin harus kamu pelajari lebih lama agar bisa menguasai prosedur kerjanya.

Bahkan mungkin kamu akan menemukan bahwa ada bagian dari dalam mobil yang bisa kamu fungsikan untuk hal yang berbeda.

Pemilik mobil baru cenderung merawat dan menjaga kendaraan mereka, kalau kamu adalah salah satu dari pemilik mobil yang masih pemula ada baiknya lakukan riset mengenai hal-hal yang bisa kamu pelajari.

Tidak ada salahnya nih simak hal-hal yang perlu diketahui oleh para pemilik mobil baru berikut.

1. Cara Mengganti Ban

Mobil baru memang jarang membutuhkan penggantian ban, tetapi untuk berjaga-jaga, kamu sebagai pemilik mobil baru harus memahami cara mengganti ban dengan baik. Gambarkan saja sebuah keadaan di mana kamu sedang berada di sebuah jalan tol dan ban mobil kamu mengalami kerusakan.

Tanpa ada orang yang bisa kamu mintai tolong berarti kamu hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Tidak ada waktu untuk melakukan panggilan kepada bengkel atau pihak jasa lainnya.

Pilihan terakhir adalah melakukan penggantian ban sendiri.

Sebelum memulai penggantian ban, pastikan bahwa alat-alat yang dibutuhkan seperti dongkrak dan peralatan lainnya lengkap. Kalau kamu masih kurang paham, kamu bisa mencari cara penggantian ban mobil melalui internet.

Di zaman digital seperti ini, sudah amat sangat banyak tutorial penggantian ban ketika terjadi hal-hal tidak diduga seperti pecah ban.

2. Waktu Penggantian Oli

Mengapa hal ini jadi penting? Karena fungsi oli yang juga sangat penting. Oli yang berfungsi untuk melubrikasi mesin berguna untuk mengurangi panas pada mobil. Ketika mobil kamu tiba-tiba berasap seperti lokomotif, kemungkinan terjadi karena adanya over heat.

Efek yang paling parah karena oli habis adalah over haul atau turun mesin.

Suara mesin akan sangat kasar dan mobil menjadi mogok. Ketika turun mesin maka biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya bisa menjadi sangat mahal.

Kerusakan ini bisa berefek mempengaruhi kinerja bagian lainnya. Sebut saja kruk AS yang rusak menyebabkan satu blok mesin rusak, rocker arm atau stang steker dan juga dapat menyebakan rem menjadi aus.

Kebayangkan, berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengganti komponen-komponen mesin ini? Yup, memang tidak sedikit alias akan menjadi sangat besar.

Untuk itu sebagai pemilik mobil baru hindarilah hal ini dengan cara selalu mengganti oli secara rutin. Sebagai gantinya kamu harus mengetahui cara mengecek sisa oli di dalam mesin mobil.

Biasanya mobil sudah menyediakan alat untuk mengukur oli. Celupkan alat tersebut ke dalam oli dan lihat seberapa banyak oli melumuri alat tersebut.

Jika kamu rasa oli pada kendaraan kamu sudah sangat sedikit, ada baiknya segera lakukan penggantian oli.

Hindari kerusakan-kerusakan di atas dengan mengganti oli secara rutin. Gampang bukan? Dari sini kamu bisa tahu kapan waktu yang baik untuk mengganti oli dan kapan untuk tidak mengganti oli.

3. Selalu Bawa Emergency Kit

Emergency kit biasanya diisi oleh banyak barang-barang yang sangat berguna seperti senter, tali, beberapa peralatan P3K, dan hal-hal yang berbau mekanik.

Seperti yang disebutkan di atas sebelumnya bahwa kamu tidak akan pernah tau kejadian apa yang akan menimpa mobil, seperti mogok secara tiba-tiba, mesin tidak mau menyala, atau ban bocor.

Beberapa peralatan ini akan sangat berguna ketika terjadi hal semacam itu. Bawalah dan persiapkan alat-alat ini untuk mengantisipasi kejadian-kejadian tak terduga.

4. Cara Mengganti Lampu Mobil

Mengganti lampu mobil bukanlah sesuatu yang sangat susah dan merepotkan. Jadi, sebagai pemilik mobil kamu harus tahu bagaimana cara mengganti lampu mobil. Perhatikan langkah-langkahnya mulai dari membuka hingga memasang kembali lampu.

Cari juga lampu yang cocok untuk kamu gunakan, jika membutuhkan lampu yang lebih terang segeralah mengganti agar kamu dapat melihat dengan lebih baik saat menggunakan lampu mobil.

Menguasai cara penggantian lampu ini juga sangat berguna untuk kamu Carmudian, karena pada dasarnya kamu akan menggunakan mobil tersebut dalam waktu yang lama sehingga kamu akan lebih sering turun tangan untuk menggantinya.

5. Gunakan Asuransi Terbaik

Sebagai mobil baru, ada baiknya kamu menggunakan asuransi. Tetapi jangan sampai kamu salah menggunakan jenis asuransi yang ditawarkan.

Ada dua jenis asuransi yang harus kamu ketahui, asuransi all risk dan asuransi TLO (Total Lost Only).

Kedua ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menggunakan asuransi ini berarti mengeluarkan biaya setiap bulannya untuk melakukan pembayaran. Kamu juga harus mengetahui asuransi apa yang terbaik dengan mengevaluasi kebiasaan kamu saat mengendarai mobil.

Pastikan jenis asuransi yang kamu butuhkan tidak merugikan kamu secara finansial.

Banyak orang yang mengeluarkan uang untuk asuransi all risk tetapi mereka tidak mengajukan klaim selama pemakaian asuransi.

Hal ini dikarenakan tidak adanya perbaikan yang dibutuhkan oleh kendaraan selama pemakaian. Dari segi finansial hal ini dianggap merugikan karena jasa asuransi yang tidak dipakai.

Sedangkan asuransi TLO hanya menanggung pembayaran perbaikan jika mengalami kerusakan pada level dan tingkatan tertentu.

Tetapi uniknya, kamu bisa menambahkan proteksi asuransi pada beberapa bagian seperti, roda, mesin, kebanjiran dan proteksi dari gempa bumi. Ketika pihak asuransi menawarkan, berikanlah pilihan yang menurut kamu paling masuk akal dengan keadaan kamu saat itu.

Sebagai pemilik mobil baru, sangat wajar untuk kamu tidak mengetahui dan memahami hal-hal seperti di atas. Tetapi tidak ada salahnya jika kamu mulai belajar dari sekarang.